Wednesday 5 August 2015

Kumpulan kata-kata mutiara akhlak dan bijak

Lakukanlah kebaikan dan jauhilah kejahatan. Berpikirlah dahulu sebelum akibat apa yang kamu ucapkan itu di sukai oleh pendengaranmu.
Jika kamu tidak bersamamnya maka mereka tidak akan mengata-ngataimu maka kakukanlah hal itu.
Dan pikirkanlah dahulu jika tidak baik di sukai pendengaranmu. Jika akibat tidak baik janganlah dilakukan karna kelak akan ada yang mengata-ngataimu.

Bencana hidup ada tiga, yaitu: orang pintar dan baik yang tidak mau mengamalkannya dan jahat.
Pemimpin yang tidak adil  dan jahat.
Orang yang malas dan tidak mau belajar (bodoh).

Kebaikan bukan dinilai dari pemberiannya atau pakaian yang di pakainya melainkan kebaikan dinilai dari hati dan akhlaknya.

Janganlah pernah meremehkan hal yang baik sekalipun menuangkan air dari hasil kamu dan di ambil orang yang membutuhkanmu. Karna itu adalah bagian dari kesacran yang allah swt berikan ujian untukmu.

Apabila ada yang mencaci dan mengata-ngataimu dengan  masalah yang tidak pernah dilakukan, jangankah di balas walau dengan masalah yang benar  mereka lakukan, karna sesungguhnya dia yang akan menanhung akibatnya sedang  kebaikannya adalah milikmu.

Jagalah dirimu dari hal-hal yang tidak di bolehkan tuhan dan raihlah dengan dengan hal hal yang baik yang tuhan berikan karna itu bagian dari kebaikan dirimu, yakinlah itu akan menjadikanmu kaya.

Mencintai adalah hal yang mulia. Cintailah orang lain seperti kamu mencintai dirimu sendiri, yakin kamu menjadi orang yang baik.

Dua hal yang di benci manusia yaitu: membenci kegagalan padahal kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, dan membenci sedikit harta padahal sedikit harta sama dengan mengguji rasa sxukur kita, semakin bersyukur apa yang di dapatkan maka akan bertambah.

Kebaikan yang di suakai tuhan adalah kebaikan yang dilakukan terus-menerus walau tak seberapa.

1 comment: